Facebook

Rabu, 10 Agustus 2016

PENYUSUNAN PROPOSAL
Oleh : feriana lestari
 Penyusunan Proposal
dokumen tertulis yang disiapkan oelah wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang releven, baik internal maupun eksternal mengenai usaha atau proyek baru, atau proposal usaha yang merupakan dokumen tertulis berisi usaha baru yang sedang direncanakan. Proposal usaha hendaknya harus asli/ murni yang dibuat olehwirausahawan sendiri dan tidak sekedar menyalin proposal usaha milik orang lain. Proposal usaha mencakup sasaran dan strategi. Sasaran adalah apa yang dicapai perusahaan sedangkan strategi adalah arah tindakan untuk mencapai sasaran usaha.
Dalam penyusunan suatu proposal harus memperhatikan beberapa hal berikut. (temukanpengertian, 2012)
Tujuan
 untuk memperoleh bantuan dana, atau memperoleh dukungan atau sponsor, dan juga untuk memperoleh perizinan. (Nurkholik, 2016)
Tim kerja dan uraian tugas
  1. Membuat schedule kegiatan atau jadwal kegiatan pekerjaan.
  2. Memonitor atau memantau progress pekerjaan yang dilakukan tenaga ahli.
  3. Bertanggung jawab dalam melaksanakan supervisi langsung dan tidak langsung kepada semua karyawan yang berada di bawah tanggung jawabnya, antara lain memberikan pelatihan kepada karyawan agar dapat mencapai tingkat batas minimum kemampuan yang diperlukan bagi teamnya dan dapat menerapkan sikap disiplin kepada karyawan sesuai dengan peraturan yang berlaku di perusahaan.
  4. Bertanggung jawab dalam melaksanakan koordinasi dalam membina kerja sama team yang solid.
  5. Bertanggung jawab dalam mencapai suatu target pekerjaan yang telah ditetapkan dan sesuai dengan aturan.
  6. Mengkoordinir seluruh aktifitas Tim dalam mengelola seluruh kegiatan  baik dilapangan maupun dikantor.
  7. Bertanggung jawab terhadap Pemberi Pekerjaan yang berkaitan terhadap kegiatan tim pelaksana pekerjaan.
  8. Membimbing dan Mengarahkan anggota team dalam mempersiapkan semua laporan yang diperlukan.
  9. Melakukan pengecekan hasil pekerjaan yang telah dilaksanakan.
  10. Melaksanakan presentasi dengan direksi pekerjaan dan instansi terkait. (uraiantugas, 2014)

Metode kerja proyek
1.      Pekerjaan Persiapan
2.      Pekerjaan Tanah
3.      Pekerjaan Beton
4.      Pekerjaan Pasangan dan Plesteran
5.      Pekerjaan Lantai / Keramik
6.      Pekerjaan Rangka dan Penutup Plafond
7.      Pekerjaan Alluminium, Kaca dan Penggantung
8.      Pekerjaan Pengecatan
9.      Pekerjaan Sanitair
10.  Pekerjaan Instalasi Listrik
Aspek teknologi sangat berperan dalam suatu proyek konstruksi. Penggunaan metode yang tepat, praktis,cepat dan aman sangat membantu dalam penyelesaian pekerjaan pada suatu proyek konstrksi. Sehngga target waktu, biaya dan mutu sebagaimana d tetapkan dapat tercapai.
Metode pelaksanaan merupakan penjabaran tata cara dan teknik-teknik pelaksanaan pekerjaan. Pada dasarnya metode pelaksanaan konstruksi merupakan penerapan konsep rekayasa yang berpijak pada keterkaitan antara persyaratan dalam dokumen pelelangan, keadaan teknis dan ekonomis di lapangan, dan seluruh sumber daya termasuk pengalaman kontraktor. (samsyr, 2012)
·         Organisasi kerja proyek
1.      Organisasi Proyek Fungsional
Dalam organisasi proyek fungsional, susunan organisasi proyek dibentuk dari fungsi-fungsi yang terdapat dalam suatu organisasi. Organisasi ini biasanya digunakan ketika suatu bagian fungsional memiliki kepentingan yang lebih dominan dalam penyelesaian suatu proyek. Top manajer yang berada dalam fungsi tersebut akan diberikan wewenang untuk mengkoordinir proyek.
2.      Organisasi Proyek Tim Khusus
Dalam organisasi proyek tim khusus, organisasi akan membentuk tim yang bersifatindependen. Tim ini bisa direkrut dari dalam dan luar organisasi yang akan bekerja sebagai suatu unit yang terpisah dari organisasi induk. Seorang manajer proyek full time akan ditunjuk dan diberi tanggung jawab untuk memimpin tenaga-tenaga ahli yang terdapat dalam tim.
3.      Organisasi Proyek Matriks
Organisasi proyek matriks merupakan suatu organisasi proyek yang melekat pada divisi fungsional suatu organisasi induk. Pada dasarnya organisasi ini merupakan penggabungan kelebihan yang terdapat dalam organisasi fungsional dan organisasi proyek khusus.
4.      Organisasi Proyek Virtual
Organisasi proyek virtual adalah suatu bentuk organisasi proyek yang merupakan aliansi dari beberapa organisasi dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Struktur kolaborasi ini terdiri dari beberapa organisasi lain yang saling bekerjasama dan berada disekelilin perusahaan inti. (manajemenproyek, 2011)
·         Analisis dan desain
  1. Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem.
  2. Pendefinisian dari kebutuhan fungsional.
  3. Persiapan untuk rancang bangun implementasi
  4. Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk
  5. Dapat berupa penggambaran, perencanaan & pembuatan sketsa/pengaturan dari beberapa elemen yg terpisah ke dlm satu kesatuan yg utuh & berfungsi.
  6. Termasuk menyangkut mengkonfirmasi komponen-komponen perangkat lunak & perangkat system keras dari suatu sistem
  1. D. Tujuan Desain
  2. Untuk memenuhi kebutuhan pemakai sistem
  3. Untuk memberikan gambaran yg jelas & rancang bangun yg lengkap kpd pemrogram komputer & ahli-ahli teknik yg lain, yg terlibat. (/linlindaantebellum, 2012)      

Daftar pustaka

/linlindaantebellum. (2012, 07 7). ANALISIS dan DESAIN SISTEM INFORMASI. Retrieved 08 11, 2016, from ANALISIS dan DESAIN SISTEM INFORMASI: https://linlindaantebellum.wordpress.com/matkul-smstr-3/psi/resume1/
manajemenproyek. (2011, 02 3). Organisasi Proyek. Retrieved 08 11, 2016, from Organisasi Proyek: http://manajemenproyek.net/organisasi-proyek.html
Nurkholik, A. (2016, 01 7). Pengertian, Jenis, Tujuan dan Manfaat Proposal dan Proposal Usaha. Retrieved 08 11, 2016, from Pengertian, Jenis, Tujuan dan Manfaat Proposal dan Proposal Usaha.: http://www.ambyaberbagi.com/2016/01/pengertian-tujuan-manfaat-proposal-usaha.html
samsyr. (2012, february 25). METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN. Retrieved 08 11, 2016, from METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN: https://samsyr.wordpress.com/2012/02/25/metode-pelaksanaan-pekerjaan/
temukanpengertian. (2012, 08 1). Pengertian Proposal usaha. Retrieved 08 11, 2016, from Pengertian Proposal usaha: http://www.temukanpengertian.com/2015/04/pengertian-proposal-usaha.html
uraiantugas. (2014, 08 3). URAIAN TUGAS. Retrieved 08 11, 2016, from URAIAN TUGAS: http://www.uraiantugas.com/2014/08/tugas-dan-tanggung-jawab-team-leader.html



0 komentar:

Posting Komentar