Facebook

Rabu, 10 Agustus 2016


PEMESAHAN MASALAH LAPISAN NETWORK LAN
Oleh : feriana lestari
Pengenalan operasi router
 Pengertian Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi Protocol kepada jaringan-jaringan lainnya, maka dengan router sebuah protocol bisa kita sharing ke perangkat jaringan lainnya.
Misalnya, jika Anda ingin membagi IP Adress Anda cukup menggunakan router, jadi, jika suatu perangkat jaringan komputer memiliki IP Adress 192.168.0.1, dan ingin menghubungkannya dengan komputer lain agar bisa berkomunikasi, maka anda harus memberikan IP Address dengan Network Identification 192.168.0 dan Host Identification 2-254, misalnya 192.168.0.11, 192.168.0.12 dan seterusnya. (Somba, 2014)
Protokol lapisan jaringan
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet. (allysalee96, 2013)
Studi kasus: paket IP Lokal dialihkan
1.      Internet Control Message Protocol (ICMP) menciptakan sebuah payload (data) permintaan ECHO (dimana isinya hanya abjad di field data).
2.      ICMP menyerahkan payload tersebut ke Internet Protocol (IP), yang akan menciptakan sebuah paket. Paling sedikit, paket ini berisi sebuah alamat IP asal (Source Address IP), sebuah alamat tujuan IP (Destination Address IP), dan sebuah field protokol dengan nilai “01h”. Semua itu akan memberitahukan kepada Host penerima tentang kepada siapa Host penerima harus menyerahkan payload ketika network tujuan telah dicapai. Pada contoh ini Host menyerahkan payload kepada protokol ICMP.
3.      Setelah paket dibuat, IP akan menentukan apakah alamat IP tujuan ada di network lokal atau network remote (beda area jaringan). Dengan cara memeriksa apakah IP Network tujuan sama dengan IP Network asal, dengan meng-AND kan alamat IP tujuan dgn subnet mask network asal.
4.      Karena IP menentukan bahwa ini adalah permintaan untuk network remote, maka paket perlu dikirimkan ke “Default Gateway” agar paket dapat dirutekan ke network remote. (Kasamuddin, 2012)

Internet kontrol message protokol (ICMP) format paket dan operasi
Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.
ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan. (wikipedia, 2015)

Studi kasus: tips menggunakan traceroute
Cara Melakukan Traceroute :
  1. Klik Start –> Run
  2. Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
  3. Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) namadomainanda (qwords, 2010)


NAMA : FERIANA LESTARI
 SEKOLAH : SMK ISLAM 1 BLITAR

Daftar pustaka

allysalee96. (2013, 5 5). Protokol Jaringan. Retrieved 08 10, 2016, from ALLYSALDIANSYAH: https://allysalee96.wordpress.com/tkj/ijl/protokol-jaringan/
Kasamuddin, R. (2012, may 9). IP Routing Process. Retrieved 08 10, 2016, from IP Routing Process: http://www.ilmujaringan.com/artikel/?cat=5
qwords. (2010, 17 april). Cara Melakukan traceroute. Retrieved 08 10, 2016, from Cara Melakukan traceroute: https://kb.qwords.com/2010/04/cara-melakukan-traceroute/
Somba, T. (2014, September 12). Teknik Komputer dan Jaringan SMK BHAKTI Loa janan. Retrieved 08 08, 2016, from Teknik Komputer dan Jaringan SMK BHAKTI Loa janan: http://tasiksomba.blogspot.co.id/2014/09/pengenalan-router.html
wikipedia. (2015, 08 2). wikipedia. Retrieved 08 10, 2016, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Control_Message_Protocol

0 komentar:

Posting Komentar