KEBUTUHAN PELANGGAN
Oleh :
feriana lestari
Ø KEBUTUHAN PELANGGAN
Kebutuhan pelanggan adalah orang atau instansi
atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara
berulang – ulang. (Cha, 2011)
Ø KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PROYEK
Menurut penelitian kepuasan pelanggan dapat dianggap sbagai
investasi usaha atau bisnis. Pelanggan bagi perusahaan adalah aset, karena itu
peningkatan kualitas pelayanan diupayakan terus-menerus untuk memenuhi
kebutuhan dan harapan pelanggan / kolega. Menurut William H. Davidow “bila
suatu produk atau jasa tertentu diciptakan tanpa memperhatikan perencanaan
pelayanan bagi pembeli, maka tugas usaha untuk menghasilkan produk atau jasa
tersebut akan sia-sia”. (Anggraeni, 2013)
Ø PANGSA
PASAR
Pangsa pasar adalah
(market segment) bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang
mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti dari tingkat
pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan juga status sosial. Market
share ialah bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh
potensi jual, biasanya dinyatakan dalam persentase. Atau Pangsa pasar (market
share) adalah persentase total dari penjualan suatu perusahaan (dari seluruh
sumber) dengan total penjualan jasa ataupun produk dalam industri. (Inilah Pengertian Pangsa Pasar Terlengkap, 2015)
Ø LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan
eksternal atau lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan
sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain.
Organisasi mendapatkan input (bahan baku, uang, tenaga kerja) dari lingkungan
eksternal, kemudian ditransformasikan menjadi produk dan jasa sebagai output
bagi lingkungan eksternal. (Oktari, 2011)
Ø KEBUTUHAN
PELANGGAN
Sasaran
dari kegiatan ini adalah memahami kebutuhan pelanggan. Output dari
kegiatan ini adalah sekumpulan pernyataan kebutuhan pelanggan yang tersusun
rapi, diatur dalam daftar secara
hierarki
dengan bobot–bobot kepentingan. (Rizani, 2013)
DAFTAR PUSTAKA
Anggraeni,
N. (2013, februari 11). Pengertian Pelanggan dan kolega. Retrieved
agustus 4, 2016, from NURONIAH ANGGRAENI (LEE JE KYO):
http://niaanggraeni05.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-pelanggan-dan-kolega.html
Cha, N. ( 2011, january 08). Identifikasi
Kebutuhan Pelanggan. Retrieved augustus 4, 2016, from Nur Cha:
http://lutunaaaa.blogspot.co.id/2011/01/identifikasi-kebutuhan-pelanggan.html
Inilah Pengertian Pangsa Pasar Terlengkap.
(2015, april 08). Retrieved 08 4, 2016, from PENGERTIAN APAPUN:
http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pangsa-pasar-terlengkap.html
Oktari, K. E. ( 2011, november 23). LINGKUNGAN
EKSTERNAL . Retrieved agustus 4, 2016, from Khaerunisa Eka Oktari:
http://khaerunisaekaoktari.blogspot.co.id/2011/11/faktor-faktor-lingkungan-eksternal.html
Rizani, N. (2013). Kebutuhan-Pelanggan. kuta:
NC Rizani. KLIK DISINI
NAMA :
FERIANA LESTARI
SEKOLAH :
SMK ISLAM 1 KOTA BLITAR
0 komentar:
Posting Komentar