PEMBENTUKAN TIM KERJA
Oleh : feriana lestari
Tim Kerja adalah suatu kelompok orang yang bekerja
sama secara tetap, teratur dan sesering mungkin untuk mencapai Tujuan
Bersama.
Untuk itu ada dua hal yang perlu diperhatikan :
Daya ikat (kohesi) suatu tim tumbuh
dari pengalaman bersama seluruh aggota bekerja sebagai suatu kelompok dalam
waktu yang cukup lama.
Daya padu (integrasi)
suatu tim merupakan pengejawantahan dari penyatuan semua tujuan pribadi anggota
tim yang khas menjadi suatu tujuan tim secara keseluruhan. (ijul, 2010)
Ø PERAN KEPEMIMPINAN
Sebelum membahas tentang pembagian peran kepemimpinan
terlebih dahulu kita akan memaparkan tentang pengertian peran kepemimpinan itu
sendiri. Kepemimpinan adalah adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas
sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan.
1. Teori keputusan meupakan
metodologi untuk menstrukturkan dan menganalisis situasi yang tidak pasti atau
berisiko, dalam konteks ini keputusan lebih bersifat perspektif daripada
deskriptif
2. Pengambilan keputusan adalah
proses mental dimana seorang manajer memperoleh dan menggunakan data dengan
menanyakan hal lainnya, menggeser jawaban untuk menemukan informasi yang
relevan dan menganalisis data; manajer, secara individual dan dalam tim,
mengatur dan mengawasi informasi terutama informasi bisnisnya
3. Pengambilan keputusan adalah
proses memlih di antara alternatif-alternatif tindakan untuk mengatasi masalah.
Dalam pelaksanaannya, pengambilan
keputusan dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu: proses dan gaya pengambilan
keputusan. (Ihsan, 2009)
Ø Bekerjasama
dalam tim (kelompok)
Kerjasama tim di dalam kelompok merupakan faktor penting yang
harus ada dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dalam menyelesaikan suatu
proyek, kecemerlangan seorang individu saja tidak cukup. Diperlukan kerjasama
tim di dalam kelompok itu agar suatu proyek dapat dilaksanakan sesuai target.
Membangun kerjasama tim juga dapat meningkatkan komunikasi antara karyawan dan
manajer sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan produktivitas. (Hutomo, 2015)
Ø Komunikasi
1. Bekerja
dalam tim yang penuh dengan keterbukaan dan komunikasi yang baik merupakan
sebuah kelebihan dan menjadi suatu kepuasan tersendiri apabila pemikiran kita
mampu untuk dicerna dengan baik dalam forum dan bersinergi antara satu dengan
yang lainnya.
2. Namun
untuk membangun sebuah tim yang solid dengan didukung komunikasi yang efektif
perlu komitmen dan kesadaran antar masing-masing personil dalam tim. Apakah tim
Anda bertindak seolah mereka hanya sekelompok orang yang berkumpul atau belum
memiliki tujuan yang sama. (duniatraining, 2012)
Ø PEMBENTUKAN TIM KERJA
1. Pengertian Tim Kerja Tim kerja adalah
kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkankinerja lebih tinggi daripada
jumlah masukan individual (Stephen, Timothy2008:406). Hal ini memiliki
pengertian bahwa kinerja yang dicapai oleh sebuahtim lebih baik daripada
kinerja perindividu disuatu organsasi.
2. Jenis-jenis Tim Tim dapat diklasifikasikan
berdasar tujuannya. Terdapat 4 bentuk umum dari tim yang biasa kita temukan
sehari-hari yaitu : Tim ProblemSolving, Tim Self-Managed Work, Tim
Cross-Functional, dan Tim Virtual. (sutiyono, 2013)
DAFTAR PUSTAKA
duniatraining. (2012,
january 11). Membangun Komunikasi Tim yang Efektif. Retrieved augustus
4, 2016, from Membangun Komunikasi Tim yang Efektif:
http://duniatraining.com/94/membangun-komunikasi-tim-yang-efektif/
Hutomo, M. ( 2015, juni 21). Bekerjasama dalam Team
(Kelompok) atau Teamwork. Retrieved augustus 4, 2016, from Melvin Hutomo:
http://melvinhutomo.blogspot.co.id/2015/06/bekerjasama-dalam-team-kelompok-atau.html
Ihsan, M. ( 2009, august 19). Peran Kepemimpinan Dalam
Pengambilan Keputusan, Mengendalikan Konflik Dan Membangun Tim. Retrieved
agustus 4, 2016, from RUANG IHSAN:
http://ruang-ihsan.blogspot.co.id/2009/08/peran-kepemimpinan-dalam-pengambilan.html
ijul, z. (2010, desember 29). PEMBENTUKAN TIM KERJA.
Retrieved agustus 04, 2016, from bintan:
http://www.bintan-s.web.id/2010/12/pembentukan-tim-kerja.html
Membangun Komunikasi Tim yang Efektif. ( 2012 ,
january 11). Retrieved augustus 4, 2016, from Membangun Komunikasi Tim yang
Efektif: http://duniatraining.com/94/membangun-komunikasi-tim-yang-efektif/
sutiyono. (2013). MEMAHAMI TIM KERJA . KABUPATEN
KUDUS: Sutiyono.
0 komentar:
Posting Komentar