Facebook

Rabu, 03 Agustus 2016

PEMBENTUKAN TIM KERJA
Oleh : feriana lestari
Tim Kerja adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama secara tetap, teratur dan sesering mungkin untuk mencapai Tujuan Bersama.
Untuk itu ada dua hal yang perlu diperhatikan :
Daya ikat (kohesi) suatu tim  tumbuh dari pengalaman bersama seluruh aggota bekerja sebagai suatu kelompok dalam waktu yang cukup lama. 
Daya padu (integrasi) suatu tim merupakan pengejawantahan dari penyatuan semua tujuan pribadi anggota tim yang khas menjadi suatu tujuan tim secara keseluruhan. (ijul, 2010)
Ø  PERAN KEPEMIMPINAN
Sebelum membahas tentang pembagian peran kepemimpinan terlebih dahulu kita akan memaparkan tentang pengertian peran kepemimpinan itu sendiri. Kepemimpinan adalah adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan.

1. Teori keputusan meupakan metodologi untuk menstrukturkan dan menganalisis situasi yang tidak pasti atau berisiko, dalam konteks ini keputusan lebih bersifat perspektif daripada deskriptif
2. Pengambilan keputusan adalah proses mental dimana seorang manajer memperoleh dan menggunakan data dengan menanyakan hal lainnya, menggeser jawaban untuk menemukan informasi yang relevan dan menganalisis data; manajer, secara individual dan dalam tim, mengatur dan mengawasi informasi terutama informasi bisnisnya
3. Pengambilan keputusan adalah proses memlih di antara alternatif-alternatif tindakan untuk mengatasi masalah.
Dalam pelaksanaannya, pengambilan keputusan dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu: proses dan gaya pengambilan keputusan. (Ihsan, 2009)

Ø  Bekerjasama dalam tim (kelompok)
Kerjasama tim di dalam kelompok merupakan faktor penting yang harus ada dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dalam menyelesaikan suatu proyek, kecemerlangan seorang individu saja tidak cukup. Diperlukan kerjasama tim di dalam kelompok itu agar suatu proyek dapat dilaksanakan sesuai target. Membangun kerjasama tim juga dapat meningkatkan komunikasi antara karyawan dan manajer sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan produktivitas. (Hutomo, 2015)

Ø   Komunikasi
1.      Bekerja dalam tim yang penuh dengan keterbukaan dan komunikasi yang baik merupakan sebuah kelebihan dan menjadi suatu kepuasan tersendiri apabila pemikiran kita mampu untuk dicerna dengan baik dalam forum dan bersinergi antara satu dengan yang lainnya.
2.      Namun untuk membangun sebuah tim yang solid dengan didukung komunikasi yang efektif perlu komitmen dan kesadaran antar masing-masing personil dalam tim. Apakah tim Anda bertindak seolah mereka hanya sekelompok orang yang berkumpul atau belum memiliki tujuan yang sama. (duniatraining, 2012)

Ø  PEMBENTUKAN TIM KERJA
1.      Pengertian Tim Kerja Tim kerja adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya   menghasilkankinerja lebih tinggi daripada jumlah masukan individual (Stephen, Timothy2008:406). Hal ini memiliki pengertian bahwa kinerja yang dicapai oleh sebuahtim lebih baik daripada kinerja perindividu disuatu organsasi.
2.       Jenis-jenis Tim Tim dapat diklasifikasikan berdasar tujuannya. Terdapat 4 bentuk umum dari tim yang biasa kita temukan sehari-hari yaitu : Tim ProblemSolving, Tim Self-Managed Work, Tim Cross-Functional, dan Tim Virtual. (sutiyono, 2013)

DAFTAR PUSTAKA

duniatraining. (2012, january 11). Membangun Komunikasi Tim yang Efektif. Retrieved augustus 4, 2016, from Membangun Komunikasi Tim yang Efektif: http://duniatraining.com/94/membangun-komunikasi-tim-yang-efektif/
Hutomo, M. ( 2015, juni 21). Bekerjasama dalam Team (Kelompok) atau Teamwork. Retrieved augustus 4, 2016, from Melvin Hutomo: http://melvinhutomo.blogspot.co.id/2015/06/bekerjasama-dalam-team-kelompok-atau.html
Ihsan, M. ( 2009, august 19). Peran Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan, Mengendalikan Konflik Dan Membangun Tim. Retrieved agustus 4, 2016, from RUANG IHSAN: http://ruang-ihsan.blogspot.co.id/2009/08/peran-kepemimpinan-dalam-pengambilan.html
ijul, z. (2010, desember 29). PEMBENTUKAN TIM KERJA. Retrieved agustus 04, 2016, from bintan: http://www.bintan-s.web.id/2010/12/pembentukan-tim-kerja.html
Membangun Komunikasi Tim yang Efektif. ( 2012 , january 11). Retrieved augustus 4, 2016, from Membangun Komunikasi Tim yang Efektif: http://duniatraining.com/94/membangun-komunikasi-tim-yang-efektif/
sutiyono. (2013). MEMAHAMI TIM KERJA . KABUPATEN KUDUS: Sutiyono.


                        KLIK DISINI





NAMA : FERIANA LESTARI
ABSEN : 27
SEKOLAH : SMK ISLAM 1 KOTA BLITAR






0 komentar:

Posting Komentar