Facebook

Rabu, 09 November 2016

PENYAMBUNGAN WAN PERUSAHAAN

PENYAMBUNGAN WAN PERUSAHAAN

oleh : feriana lestari
A. Teknologi WAN
mendefinisikan koneksi perangkat-perangkat yang terpisah oleh area yang luas menggunakan media transmisi, perangkat, protocol yang berbeda. Data transfer rate pada komunikasi WAN umumnya jauh lebih lambat dibanding kecepatan jaringan local LAN.  (dtcnetconnect)
Teknologi WAN menghubungkan perangkat-perangkat WAN yang termasuk didalamnya adalah:
·         Router, menawarkan beberapa layanan interkoneksi jaringan-jaringan dan port-port interfance WAN
·         Switch, memberikan koneksi kepada bandwidth WAN untuk komunikasi data, voice, dan juga video
·         Modem, yang memberikan layanan interfance voice, termasuk channel service units/digital service units (CSU/DSU) yang memberikan interfance layanan T1/E1; Terminal Adapters/Network Termination 1 (TA/NTI) yang menginterfance layanan Intergrated Services Digital Network (ISDN)
·         System komunikasi dalam teknologi WAN menggunakan pendekatan model layer OSI untuk encapsulation frame seperti halnya LAN akan tetapi lebih difocuskan pada layer Physical dan Data link (dtcnetconnect)

B. Standar WAN
WAN menggunakan OSI layer tetapi hanya fokus pada layer 1 dan 2. Standar WAN pada umumnya menggambarkan baik metode pengiriman layer 1 dan kebutuhan layer 2, termasuk alamat fisik, aliran data dan enkapsulasi.  Dibawah ini adalah organisasi yang mengatur standar WAN. (bungadesa2, 2009)

C. Akses WAN
 Frame Relay merupakan protokol WAN yang memiliki performa tinggi. Beroperasi pada physical layer dan data link layer OSI referensi model, Frame Relaymerupakan komunikasi data packet-switched yang dapat menghubungkan beberapa perangkat jaringan dengan multipoint WAN.
Frame relay adalah cara mengirimkan informasi melalui wide area network (WAN) yang membagi informasi menjadi frame atau paket. Masing-masing frame mempunyai alamat yang digunakan oleh jaringan untuk menentukan tujuan. Frame-frame akan melewati switch dalam jaringan frame relay dan dikirimkan melalui “virtual circuit” sampai tujuan.
Sebuah jaringan frame relay terdiri dari “endpoint” (PC, server, komputer host), perangkat akses frame relay (bridge, router, host, frame relay access device/FRAD) dan perangkat jaringan (packet switch, router, multiplexer T1/E1). Perangkat-perangkat tersebut dibagi menjadi dua kategori yang berbeda:
[Image: frame_relay_1.jpg]
CONTOH TOPOLOGI FRAME RELAY
DTE: Data Terminating Equipment
DTE adalah node, biasanya milik end-user dan perangkat internetworking. Perangkat DTE ini mencakup “endpoint” dan perangkat akses pada jaringan Frame Relay. DTE yang memulai suatu pertukaran informasi.
DCE: Data Communication Equipment
DCE adalah perangkat “internetworking” pengontrol “carrier”. Perangkat-perangkat ini juga mencakup perangkat akses, teatpi terpusat di sekitar perangkat jaringan. DCE merespon pertukaran informasi yang dimulai oleh perangkat DTE. (DS, 2016)

 D. Jaringan Circuit Switching
digunakan untuk menghubungkan pasangan terminal dengan cara menyediakan sirkuit atau kanal yang tersendiri dan terus meneurs selama hubungan berlangsung (adysuryadi):
·         Sirkuit yang ‘holded’ tidak dapat dipakai oleh yang lain
·         Jumlah sirkuit / kanal lebih kecil dibandingkan kapasitas
Jaringan circuit switching, kinerjanya tergantiung pada loss bukan pada delay (tetapi pada digital switching juga menimbulkan delay).

E. Tiga fase yang terdapat dalam circuit switching, yaitu;
·         circuit establishment
·         data transfer
·         circuit termination

Jaringan circuit switching digunakan untuk hubungan yang bersifat :
·         Real time-spech (ex : telpon)
·         Real time-data very high bit transmitted

F. Jaringan Packet Switching
Fungsi utama dari jaringan packet-switched adalah menerima paket dari stasiun pengirim untuk diteruskan ke stasiun penerima.
Penggunaan packet switching mempunyai keuntungan dibandingkan dengan penggunaan circuit switching antara lain:
·         Efisiensi jalur lebih besar karena hubungan antar node dapat menggunakan jalur yang dipakai bersama secara dinamis tergantung banyaknya paket yang dikirim.
·         Bisa mengatasi permasalahan data rate yang berbeda antara dua jenis jaringan yang berbeda data rate-nya.
·         Saat beban lalu lintas meningkat, pada model circuit switching, beberapa pesan yang akan ditransfer dikenai pemblokiran. Transmisi baru dapat dilakukan apabila beban lalu lintas mulai menurun. Sedangkan pada model packet switching, paket tetap bisa dikirimkan, tetapi akan lambat sampai ke tujuan (delivery delay meningkat).
·         Pengiriman dapat dilakukan berdasarkan prioritas data. Jadi dalam suatu antrian paket yang akan dikirim, sebuah paket dapat diberi prioritas lebih tinggi untuk dikirim dibanding paket yang lain. Dalam hal ini, prioritas yang lebih tinggi akan mempunyai delivery delay yang lebih kecil dibandingkan paket dengan prioritas yang lebih rendah. (adysuryadi)

Teknologi WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah teknologi nirkabel berbasis kepada standard IEEE802.16 yang dikembangkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Nama WiMAX mengacu kepada organisasi WiMAX Forum yang bertugas untuk mensertifikasi compatibility dan interoperability perangkat-perangkat yang digunakan di jaringan berbasis WiMAX. (MILANISTI, 2014)
Teknologi WiMAX memberikan solusi broadband nirkabel untuk komunikasi terestrial dengan wilayah jangkauan yang lebih luas dan memberikan Quality of Service (QoS) yang lebih bagus dibandingkan dengan WiFi (IEEE 802.11).  (MILANISTI, 2014)      KLIK DISINI


DAFTAR PUSTAKA

adysuryadi. (n.d.). CIRCUIT SWITCHING DAN PACKET SWITCHING. Retrieved 11 08, 2016, from https://adysuryadi.wordpress.com/: https://adysuryadi.wordpress.com/circuit-switching-dan-packet-switching/
bungadesa2. (2009, 10 29). STANDAR WAN. Retrieved 11 08, 2016, from https://bungadesa2.wordpress.com/: https://bungadesa2.wordpress.com/2009/10/29/standar-wan/
DS, L. A. (2016, 01 09). Teknologi, Standar dan Akses WAN. Retrieved 11 08, 2016, from http://latifaayuds25.blogspot.co.id/: http://latifaayuds25.blogspot.co.id/2016/01/teknologi-standar-dan-akses-wan.html
dtcnetconnect. (n.d.). BERBAGAI MACAM TEKNOLOGI WAN. Retrieved November 08, 2016, from http://www.dtcnetconnect.com/: http://www.dtcnetconnect.com/AMP/index.php/blogs/302-berbagai-macam-teknologi-wan
MILANISTI. (2014, 08). APA ITU TEKNOLOGI JARINGAN WIMAX. Retrieved 11 08, 2016, from http://dunia-informasi-informatika.blogspot.co.id/: http://dunia-informasi-informatika.blogspot.co.id/2014/08/apa-itu-teknologi-jaringan-wimax.html

0 komentar:

Posting Komentar