Facebook

Rabu, 09 November 2016

ENKAPSULASI DAN FRAME RELAY

ENKAPSULASI DAN FRAME RELAY
Oleh : feriana lestari
      A.    ENKAPSULASI
Merupakan suatu proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi Jenis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protocol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protocol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data yang di pahami oleh prorocol tersebut.(fraiza, 2014)
Enkapsulasi pada WAN ada 2 yaitu :
·         Enkapsulasi DLHC ( High Level Dataling Control )
·         Enkapsulasi PPP ( Point To Point Protocol ) (nikkafreak, 2013)

       B.    KOMPONEN PPP
PPP menyediakan metode untuk transmisi data gram lebih link point-to-point serial. PPP terdiri dari tiga komponen utama: Sebuah metode untuk encapsulating datagrams atas link serial. PPP menggunakan tingkat tinggi Data Link Control (HDLC) protocol sebagai dasar untuk encapsulating datagrams lebih link point-to-point (alan, 2013)
       C.    KONFIGURASI  PAP 
Berikut ini adalah fitur kunci dari protocol ini:
ü  PPP beroperasimelaluikoneksi interface piranti Data Communication Equipment (DCE) danpiranti Data Terminal Equipment (DTE).
ü   Dapatberoperasipadakedua modus synchronous (dial-up) ataupun asynchronous dan ISDN.
ü  Tidakadabatas transmission rate
ü   Keseimbangan load melalui multi-link
ü  LCP dipertukarkansaat link dibangununtukmengetestjalurdansetujukarenanya.
ü  NCP meng-encapsulate protocol layer Network dan mengandung suatu field yang mengindikasikan protocol layer atas. (agung, 2014)   
                             
D.    FRAME RELAY
Adalah sirkuit virtual pada jaringan skala luas (WAN) yang dirancang dalam menanggapi tuntutan untuk WAN tipe baru di akhir 1980-an dan awal 1990-an. Sebelum Frame Relay, beberapa organisasi yang menggunakan sirkuit virtual switching jaringan yang disebut X.25, yang melakukan switching pada network layer. Kecewa dengan X.25, beberapa organisasi mulai membangun WAN pribadi mereka dengan menyewa Tlatau T-3 barisdari public service provider.(rizky, 2014)

DAFTAR PUSTAKA

agung. (2014, 08). agunglaksono13. Retrieved from agunglaksono13: http://agunglaksono13.blogspot.co.id/2014/08/ppp.html
alan. (2013). alan. Retrieved from alan: http://www.alan.web.id/download/modul-tkj/bab9-wan.pdf
fraiza. (2014, 09). fraizageraldi97. Retrieved from fraizageraldi97: https://fraizageraldi97.blogspot.co.id/2014/09/enkapsulasi-wan.html
nikkafreak. (2013, 03). nikkafreak. Retrieved from nikkafreak: http://nikkafreak.blogspot.co.id/2013/03/tugas-jaringan-komputer.html
rizky. (2014, 09). rizkymuhammadfauzi. Retrieved from rizkymuhammadfauzi: http://rizkymuhammadfauzi.blogspot.co.id/2014/09/enkapsulasi-protokol-wan-dan-switching.html


0 komentar:

Posting Komentar