Facebook

Rabu, 09 November 2016

PENDELEGASIAN WEWENANG DAN TANGUNG JAWAB

PENDELEGASIAN WEWENANG DAN TANGUNG JAWAB
Oleh : feriana lestari


A.    PENGERTIAN PENDELEGASIAN
     Pendelagasian wewenang adalah suatu pelimpahan hak atau kekuasaan pimpinan terhadap       bawahannya    untuk melaksanakan tugas-tugasnya dengan sekaligus meminta pertanggung jawaban atas penyelesaian    tugas-tugas tersebut. (Dariyadi, 2016)

B.     DASARPENDELEGASIAN
Pokok pembahasan tentang dasar pendelegasian ini berupaya untuk menjawab pertanyaan "mengapa pendelegasian itu penting?" Atau "mengapa pendelegasian itu penting dalam hidup dan kerja suatu organisasi?" Pendelegasian itu sangat penting bagi hidup dan kerja setiap organisasi dengan alasan-alasan mendasar berikut di bawah ini.
1.      Pemimpin hanya dapat bekerja bersama dan bekerja melalui orang lain, sesuatu yang hanya dapat diwujudkannya melalui pendelegasian.(Tomatala, 2015)
C.    SIFAT DELEGASI
1.      Pendelegasian tidak sama pada setiap tingkat hierarki organisasi. Besar kecilnya pendelegasian adalah sesuai dengan tugas, hak, wewenang, kewajiban, tanggung jawab, dan pertanggungjawaban setiap individu dalam hierarki organisasi.
2.      Pendelegasian tidak dapat ditransfer dari satu tugas ke tugas yang lain dalam suatu organisasi karena satu pendelegasian berlaku untuk satu tugas saja.
D.    SIKAP TERHADAP DELEGASI
Ada beberapa sikap terhadap delegasi/pendelegasian yang memiliki efek negatif ataupun positif. Sikap-sikap tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Pemimpin sering tidak mendelegasikan tugas karena pelbagai alasan, yaitu pemimpin tidak tahu atau takut, dan mempertahankan status quo, serta tidak memercayai orang lain/mencurigai orang lain.
2.      Pemimpin sering mendelegasikan semua tugas karena pemimpin tidak tahu ataupun ingin membebaskan diri/meringankan diri dari kewajibannya.
3.      Pemimpin sering mendelegasikan sedikit tugas karena pemimpin takut atau sangat hati-hati, atau kurang/tidak percaya.
4.      Pemimpin dapat dan patut mendelegasikan tugas dengan bertanggung jawab. Hal ini dapat dilakukan. (Anggraeni, 2015)
E.     MANFAAT DAN HAMBATAN PENDELEGASIAN
Keuntungan utama adalah bahwa semakin banyak tugas yang didelegasikan, semakin besar peluang mereka untuk mencari dan menerima lebih banyak tanggung jawab dari manajer tingkat yang lebih tinggi. Keuntungan lainya dari delegasi adalah membantu karyawan untuk menerima mempratekan tanggung jawab yang diberikan.
Hal utama yang menghambat proses pendelegasian adalah keengganan dari seseorang pimpinan. Keengganan ini bisa ditimbulkan oleh beberapa alasan :

·         Pimpinan kurang yakin akan kemampuan karyawan.
·         Merasa mampu untuk mengerjakanya sendiri.
·         Kurang memiliki kemampuan untuk mendidik kader.
·         Takut wewenangnya akan berkurang atau bawahan melakukan tugas dengan baik.
·         Tidak mau menanggung risiko. (ayuagussari13, 2013)

F.     PENGERTIAN WEWENANG

Wewenang atau authority  pada dasarnya merupakan bentuk lain dari kekuasaan yang sering kali dipergunakan dalam sebuah organisasi. Wewenang merupakan kekuasaan formal atau terlegitimasi. Dalam sebuah organisasi, seseorang yang ditunjuk atau dipilih untuk memimpin suatu organisasi, bagian, atau departemen memiliki wewenang atau kekuasaan yang terlegatimasi. Seseorang yang ditunjuk untuk menjadi manajer personalia  dengan sendirinya terlegitimasi untuk memiliki kewenangan dalam mengatur berbagai hal yang terkait dengan sumber daya manusia atau orang-orang yang terdapat di dalam organisasi.
Terdapat dua pandangan mengenai wewenang formal, yaitu pandangan klasik(classical view) dan pandangan berdasarkan penerimaan (acceptance view). (tamrin, 2014)


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, S. ( 2015, january 3). Silva Anggraeni. Retrieved augustus 8, 2016, from Pendelegasian Wewenang: http://silvaanggraeni17.blogspot.co.id/2015/01/pendelegasian-wewenang.html
ayuagussari13. (2013, january 11). Pendelegasian Wewenang. Retrieved augustus 8, 2016, from Pendelegasian Wewenang: https://ayuagussari13.wordpress.com/2013/01/11/pendelegasian-wewenang/
Dariyadi, M. W. (2016, agustus 18). Pengertian Pendelegasian Wewenang dan Tangung jawab . Retrieved augustus 08, 2016, from Pengertian Pendelegasian Wewenang dan Tangung jawab : http://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/8216-pengertian-pendelegasian-wewenang-dan-tangung-jawab.html
tamrin, a. (2014, maret 10). Wewenang, Tanggung Jawab dan Pendelegasian Wewenang | Makalah . Retrieved agustus 8, 2016, from Wewenang, Tanggung Jawab dan Pendelegasian Wewenang | Makalah : http://pemudatertekan.blogspot.co.id/2014/03/wewenang-tanggung-jawab-dan.html
Tomatala, P. D. (2015, juni 13). PENDELEGASIAN. Retrieved augustus 08, 2016, from PENDELEGASIAN: http://lead.sabda.org/files/pendelegasian.htm


0 komentar:

Posting Komentar