Facebook

Rabu, 26 Oktober 2016

STUDI KASUS

STUDI KASUS
Oleh : feriana lestari

   A.    STUDI KASUS: TIPS MENGGUNAKAN TRACEROUTE
   Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai          tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo                Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah    daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan              tujuan. (rumahweb, 2012)
Cara Melakukan Traceroute :
  1. Klik Start –> Run
  2. Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
  3. Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) namadomainanda(kb.qwords, 2010)


     B.     STUDI KASUS: TIPS MENGGUNAKAN PING DAN ICMP
Ping adalah software yang berjalan di atas protokol ICMP (Internet Control Message Protocol) untuk mencek hubungan antara dua komputer di internet.
Ping digunakan untuk memastikan bahwa satu komputer yang sedang dituju sedang aktif dan memberikan respon balik. Misalnya, bila kita ingin mengirimkan suatu file ke suatu alamat host, maka untuk melihat berapa lama waktu operasi yang dibutuhkan, kita menggunakan ping. (Nama “ping” datang dari sonar sebuah kapal selam yang sedang aktif, yang sering mengeluarkan bunyi ping ketika menemukan sebuah objek). (miniperpuskit, 2013)
    C.    IPX 161 IPX DISEBARKAN BROADCAST PAKET
adalah protokol jaringan komputer yang digunakan oleh sistem operasi Novell NetWare pada akhir dekade 1980an hingga pertengahan dekade 1990an.IPX digunakan untuk melakukan pemetaan paket-paket data dari satu titik di dalam jaringan ke titik lainnya melalui sebuah internetwork. IPX beroperasi di lapisan jaringan (lapisan ketiga pada model OSI), dan dapat digunakan di dalam teknologi Ethernet, Token Ring, dan protokol lapisan data-link lainnya. IPX memang dahulu pernah digunakan pada Local Area Network (LAN) berbasis Novell NetWare sebelum akhirnya Novell menggantinya dengan TCP/IP saat merilis NetWare 5.x. Sebelum diganti dengan TCP/IP, protokol ini merupakan protokol yang sangat populer (wordpress, 2008 )
    D.    STUDI KASUS: IPX MTU MISMATCH 172

IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange) mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. IPX dan SPX adalah protokol jaringan digunakan terutama pada jaringan menggunakan sistem operasi Novell NetWare.IPX menyediakan layanan datagram atas paket-switched internetwork. Operasi dasarnya mirip dengan IP (Internet Protocol), namun skema pengalamatan, struktur paket, dan cakupan umum yang berbeda. Protokol internetworking beroperasi di lapisan jaringan dan mencakup layanan routing. (wikipedia, 2013)

0 komentar:

Posting Komentar